Youtuber perlu ASUS Vivobook Flip TP410

ASUS X42J dan GoPro 5
Sebagai seorang pegiat sosial media, perangkat online merupakan kebutuhan penting. Karena dengan menggunakan alat berkualitas, akan menghasilkan konten berkualitas pula. Meski dalam prakteknya, ada pegiat yang hanya menggunakan alat sederhana tapi tidak kalah menarik hasilnya. Mungkin itu berlaku bagi saya, konten kreator dengan laptop jadul dari ASUS.
Halo semua, sebelum membaca tulisan ini lebih lanjut, sebaiknya tonton video berikut :

Bahkan saya tidak pernah membocorkan perlatan tempur digital ini kepada publik, merasa kurang percaya diri. Biar saya dan orang terdekat yang mengetahuinya. Laptop ini saya dapat dari Forum Jual Beli Facebook beberapa bulan yang lalu. Bekas? Iya, ASUS X42J Series. Laptop ini keluaran sekitaran tahun 2012. Sudah cukup ketinggalan jaman, meski saya mendapatkannya masih nampak seperti baru. Kemungkinan hanya dipakai untuk kebutuhan mengetik dan membuka internet. Belum ada nampak goresan yang menandakan laptop generasi lama, selain bodinya yang tebal.
Waktu itu ditawarkan dengan harga 3,3 juta dengan spesifikasi Core i5-480M 2,66 GHz, RAM 4 GB, HDD 250 GB (padahal tulisan di laptop 500GB, mungkin sudah diganti), AMD Radeon HD 7400M Series. Setelah menabung dari hasil pendapatan bulanan Youtube, akhirnya saya membelinya.
ASUS X42J Core i5 Windows 7
Perangkat ini cukup tangguh untuk mengedit video dengan resolusi 1080 60fps, walau agak memaksa dan sabar. Kenapa? Karena perlu konsentrasi tinggi saat menggabungkan antara suara dan gambar video, bahasa kerennya 'ngelag' gitu loh. Tapi hal itu dapat saya carikan solusi, yaitu pada proses editing tidak perlu menggunakan banyak unsur efek macam-macam. Atau sebelum masuk ke laptop, sudah diatur pada saat pengambilan videonya. Jadi nanti pas ngeditnya tinggal disambung-sambung saja, kalau sempat ya silakan ditambahkan efek transisi dan pembesaran frame.
Konten kreator dituntut kreatif mengetahui situasi dan kondisi dirinya. Jangan banyak alasan! 
Saya membuat video Youtube hampir setiap hari di saluran Kang Pardi Prabowo. Kebanyakan kontennya adalah kuliner di Ponorogo dan sekitar. Saya mengunjungi para pelaku bisnis makanan, mulai dari kaki lima, warung, rumah makan dan beberapa restoran bertaraf nasional. Meliput kegiatan berdagang mereka, hingga mencari tahu tempat kuliner legendaris yang tetap bertahan sudah puluhan tahun. Selain itu, hobi memasak juga saya jadikan konten kreatifnya. 
Setelah beberapa bulan kemudian, Mbak Uniek sedang memposting banner "ASUS Laptopku Blogging Competition by uniekkaswarganti.com" pada akun  Facebooknya. Saya pun penasaran dan mencoba cari tahu tentang kompetisi tersebut. Dalam hati pun sangat berharap, akan ada kesempatan untuk mendapatkan pengganti laptop ASUS jadul saya. Dan ternyata benar! ASUS Indonesia dan uniekkaswarganti.com akan membagikan tiga produk terbarunya, kepada Blogger Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, salah satunya yaitu 1 Unit ASUS Vivobook Flip TP410UR untuk pemenang pertama.
ASUS Vivobook Flip TP410UR
Melihat penampakannya, saya pun mencari tahu info lebih lengkap tentang spesifikasi laptop keren ini di ASUS.com, disana tertulis harga laptop ASUS Vivobook Flip TP410UR :
  • Rp 13.599.000 (i7-7500U/8GB/1TB HDD+128G SSD/Win 10) 
  • Rp 9.799.000 (i3-7100U/8GB/1TB HDD/Win 10) 
  • Rp 7.999.000 (i3-7100U/4GB/1TB HDD/Win 10) 
  • Rp 7.599.000 (i3-7100U/4GB/500GB HDD/Win 10)
Wow, ini perangkat kerja yang saya idamkan (padahal Mbak Uniek belum menyebutkan spesifikasi laptopnya). Anggap saja hadiahnya yang prosesor i7-7500U/8GB/1TB HDD+128G SSD/Win 10, kalau disuruh memilih emang ini yang paling bagus haha. Dengan prosesor Intel Core i7 generasi ke 7, RAM 8GB  dan grafis diskrit NVIDIA GeForce 930MX, membuat mudah dalam melahirkan konten kreatif.
ASUS Vivobook Flip TP410UR
Saya pun langsung berkhayal seandainya laptop ini menjadi milikku, tentu akan banyak konten kreatif tercipta. Aktifitas mengedit video pasti akan lebih cepat alias selamat tinggal 'ngelag'. Kapasitas penyimpanan 1TB, menghemat pengeluaran sementara untuk membeli HD eksternal.
ASUS Vivobook Flip TP410UR
Ketakutan baterai cepat rusak saat diisi ulang pun hilang, karena Vivobook Flip menggunakan teknologi ASUS Battery Health Charging. Jadi saat ngedit video, saya dapat menyetel pengisian baterai status 60%, 80% atau berapapun. Sangat memungkinkan untuk mengurangi kerusakan pembekakan baterai.
Tampilan ASUS Vivobook Flip TP410UR 
Semakin percaya diri saat presentasi, berbagi ilmu tentang Youtube dengan mententeng ASUS Vivobook Flip TP410UR. Layar dapat di putar hingga 360°, sudah  teruji terbuka dan diulang 20.000 kali. Jadi bisa laptop sekaligus tablet, karena sudah layar sentuh. Tampilan NanoEdge membuat layar 14 inci dengan tampilan ultra-tipis. Sehingga memaksimalkan ukuran layar plus meminimalkan ukuran body-nya.
Sistem fingerprint sensor dan fitur Windows Hello, mempermudah instalasi Windows 10 dengan satu sentuhan. Keamanannya pun meningkat, sekarang tidak perlu mengetik kata sandi saat mulai membuka Vivobook Flip. Benar-benar laptop keren dan canggih.
4 Mode ASUS Vivobook Flip TP410
Selain keunggulan diatas, bodi ramping dan berbahan aluminum Vivobook Flip hanya berbobot 1,6 kilogram. Syukur mengurangi beban tas saat aktifitas mobile.

ASUS Indonesia

Comments

  1. Sukses selalu dan semangat berkarya mewarnai jejak digital tanah air ya kang Pardi. Salam dari Bojonegoro

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooo Kak Didik .. Salam balik kembali dsri Ponorogo

      Delete
  2. Kren mas... semangat trus berkaryanya... akulah sama blm punya modal...cuma semangat yg dipunya i...hhhhh

    ReplyDelete
  3. Harga laptopnya lumayan juga ya Kang. Jd ceritanya dari yutuber pindah ke bloger nih? Wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betullll... Lumayanlah untuk pendukung aktifitas editing dkk

      Delete

Post a Comment

Popular Posts